Selasa, 01 Oktober 2019

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Tebtunya Anda pasti tahu kan dengan tanaman yang satu ini ? Tamanan kumis kucing, karena faktanya memang benar bentuknya yang menyerupai kumis kucing. Juga merupakan tanaman asli dari Indonesia. Sebenarnya, tanaman ini berasal dari Afrika ang kemudian menyebar luar di berbagai benua seperti Asia dan Australia.


Tanaman ini biasa tumbuh di daerah tanah yang memiliki tingkat kegemburan, berhumus, subur, serta air dan udara yang cukup. Banyak penduduk di benua asia menggunakan tanaman ini untuk dijadikan obat herbal maupun diolah menjadi teh. Yang dikenal dengan teh java tisane.

Kenapa kumis kucing dijadikan menjadi teh dan obat herbal . Karena dalam kumis kucing banyak mengandung beberapa zat yang baik untuk tubuh. Diantaranya zat samak, kalium, mioinositol, sinensetin, saponin, dan minyak atsiri. Yang kendungan tersebut dipercaya dapat menyyembuhkan berbagai penyakit yang salah satunya ialah dapat mengobati penyakit batu ginjal.

Sebagian penduduk juga mempercayai teh java tisane tersebut dapat mengbati batu ginjal. Yakni suatu penyakit yang mengganggu kesehatan di saluran kemih dan biasa ditandai dengan rasa seperti mengeluarkan darah saat buang air kecil, sakit ketika buang air kecil, rasa nyeri yang sangat di bagian pinggang, Mual dan muntah, demam dan menggigil, serta perut kembung.

Hasil dari sebuah penelitian di Asia tenggara, telah mengemukakan bahwa dari 40 penderita batu ginjal yang kemdian diberi teh tisane (terbuat dari tanaman kumis kucing) KUrang lebih selama 6 hari. Dan hasilnya 20 penderita tersebut mengatakan bahwa mereka sembuh dan telah merasakan kebebasan akibat dari ketidaknyamanan penyakit batu ginjal tersebut.

Dengan begitu, secara keseluruhan tanaman kumis kucing ini hampir semuanya dapat dijadikan sebagai obat. Mulai dari daun, batang serta bunganya. Dan salah satu bagian yang lebih banyak digunakan untuk pengobatan adalah daunnya. Hampir semua cara pengonsumsiannya dapat dilakukan dalam keadaan daun masih segar sampai daun yang telah mengering.

Adapun beberapa manfaat kumis kucing untuk batu ginjal diantaranya :

  • Anti hipertensi dalam kumis kucing dapat mengobati masalah ginjal dan kantung kemih
  • Dapat meningkatkan aliran urin
  • Merelaksasikan otot-otot dinding pembuluh internal
  • Anti inflamasi atau mengurangi pembengkakan
  • Anti mikrobanya bermanfaat untuk pembilasan batu ginjal dan batu empedu.

Nah, itulah sekilas artikel tentang manfaat kumis kucing untuk mengobati masalah penyakit batu ginjal. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal Tebtunya Anda pasti tahu kan dengan tanaman yang satu ini ? Tamanan kumis kucing, karena faktanya ...