Kamis, 02 Mei 2019

Kenapa Harus Pakai Sunscreen Setiap Hari?

Kenapa Harus Pakai Sunscreen Setiap Hari


Terkena sinar UV matahari selain bisa membuat kulit terbakar ternyata juga bisa mengakibatkan risiko kanker kulit. Nah, salah satu cara efektif untuk mencegah kerusakan kulit adalah dengan memakai sunscreen.



Sunscreen merupakan produk perawatan kulit berbentuk spray, gel, losion, stick dan foam yang bisa digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, UVB dan UVA. Berdasarkan bahan yang digunakan, sunscreen dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu chemical dan physical.

Lalu apa pentingnya pakai sunscreen setiap hari?


Efek paparan sinar UV bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Beberapa efek jangka pendek meliputi :
  • Kulit gelap
  • Kulit kusam
  • Terbakar matahari
  • Kulit hitam.
Sementara dampak jangka panjang meliputi :
  • Kulit kriput
  • Penuaan kulit
  • Muncul bercak-bercak kecoklatan atau flek hitam
  • Kulit tidak kencang atau kendur
  • Bahkan risiko kanker kulit.

Untuk itu, jika Anda tidak mau mengalami beberapa dampak dia tas, maka jangan luka pakai sunscreen setiap hari terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Meski bisa digunakan untuk semua usia, namun direkomendasikan pada bayi di atas usia 6 bulan.

Jangan lupa, pakai sunscreen setiap 2 jam sekali


Tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan anjuran pakai sunscreen setiap 2 jam sekali. Tapi kenapa harus 2 jam?

Faktanya, sekalipun sunscreen ampuh untk menghalangi sinar UV menembus kulit, namun daya perlindungannya akan semakin berkurang dari waktu ke waktu semenjak penggunaan awal. Entah itu karena keringan, ekspresi wajah, gesekan dengan kulit, atau lainnya.

Jadi jika ingin mendapatkan perlindungan yang maksimal, sunscreen perlu diulang penggunaannya secara berkala setiap 2 jam sekali. Terlebih lagi jika keseharian Anda memang berkegiatan di luar ruangan yang mungkin bersentuhan langsung dengan sinar UV tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu menggunakan sunscreen meski berada di dalam ruangan namun masih terkena sinar matahari. Misal jendel dan pintu yang memungkinakan sinar matahari masuk atau ada langit-langit kaca.

Itulah sekilas penjelasan mengenai pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari. Dan dampaknya terhadap kulit. Semoga bermanfaat.

Post By : Karikkarajo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal Tebtunya Anda pasti tahu kan dengan tanaman yang satu ini ? Tamanan kumis kucing, karena faktanya ...