Minggu, 05 Mei 2019

Mau Sehat Terus Selama Puasa? Ini Kebiasaan yang Perlu Dilakukan

Mau Sehat Terus Selama Puasa? Ini Kebiasaan yang Perlu Dilakukan

Setelah memasuki bulan ramadhan, umat islam di seluruh dunia pastinya akan menjalankan ibadan puasa selama sebulan penuh. Dengan begitu, tentu banyak pula renca buka puasa bersama kerabat-kerabat tersayang.


Momen buka puasa pun sering membuat seseorang makan sesukanya tanpa memerhatikan zat gizi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Sehingga hal itu malah membuat tubuh menjadi tidak sehat saat berpuasa. Bahkan bisa membuat tubuh lebih down akibat salah makan tersebut.

Oleh sebab itu, mari mulai sekarang kita lakukan beberapa kebiasaan supaya tubuh dapat lebih sehat lagi saat berpuasa. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membuat tubuh lebih sehat lagi saat berpuasa, diantaranya :

5 Kebiasaan Agar Lebih Sehat Saat Berpuasa

  • Minum air yang cukup

Ketika berpuasa, Anda perlu memerhatikan cairan tubuh supaya tetap terhidarasi. Kekurangan cairan saat puasa bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Pastikan Anda tetap minum delapan gelas saat puasa selama waktu berbuka dan sahur.

Meskipun sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi air putih. Anda juga bisa mengonsumsi jus, sup atau sirug lainnya. Dan kurangi pengonsumsian minuman dengankandungan kafein seperti minuman bersoda, teh dan kopi. 

  • Olahraga teratur

Meski puasa bukan berarti menjadi penghalang untuk berhenti berolahraga. Anda tetap bisa berolahraga seperti biaa dan jangan sampai hanya bermalas-malasan di rumah dan tidur sepanjang hari hingga mendekati waktu berbuka.

Sebab hal tersebut justru lebih cepat membuat tubuh lemas. Ketika kita berolahraga saat berpuasa, Anda tak perlu memaksakan diri untuk melakukan latihan berat, cukup yang ringan saja namun lakukan secara rutin. Anda bisa berolahraga sebelum dan setelah berbuka puasa.

  • Penuhi kebutuhan vitamin dan Mineral

Selama berpuasa, Anda hanya bisa makan dan minum pada dua waktu saja yaitu saat sahur dan berbuka. Hal ini membuat tubuh mengalami perubahan fungsi, salah satunya penurunan sistem daya tahan tubuh.

Oleh sebab itu, asupan mineral dan vitamin yang tepat dibutuhkan saat berpuasa. Seperti zinc dan vitamin C. Dengan tercukupinya vitamin dan mineral tubuh bisa membuat sistem daya tahan tubuh tetap kuat.

  • Hindari makan gorengan, makanan tinggi gula dan makanan asin

Ketiga jenis makanan tersebut memang sepertinya sudah menjadi ciri khas dalam menu buka puasa. Namun ternyata, makanan tersebut bisa membuat puasa Anda dihari berikutnya menjadi lebih sulit.

Sbab dapat memengaruhi berat badan dan membuat tubuh cepat lemah dan lesu. Oleh sebab itu, mulailah hidup sehat saat berpuasa tanpa mengonsumsi jenis makanan tersebut secara berlebihan.

  • Berhenti merokok dan minum kopi

Menjalani ibadah puasa sebulan penuh, bisa menjadi kesempatan Anda untuk beristirahat dari kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang kurang baik, seperti minum kopi dan merokok.

Dengan begitu, Anda bisa memulai kebiasaan hidup sehat saat berpuasa tanpa rokok dan minum kopi berlebihan. Puasa bisa membantu Anda untuk mengurangi kecanduan terhadap rokok atau kopi maupun makanan kurang sehat lainnya.

Itulah sekila artikel kali ini mengenai beberapa kebisaan yang harus dilakukan sehari-hari agar tubuh tetap sehat saat berpuasa.

Post By : Karikkarajo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal Tebtunya Anda pasti tahu kan dengan tanaman yang satu ini ? Tamanan kumis kucing, karena faktanya ...