Senin, 06 Mei 2019

Manfaat Kesehatan Cahaya Matahari di Pagi Hari

Manfaat Kesehatan Cahaya Matahari di Pagi Hari

Di zaman sekarang ini, orang-orang memang lebih banyak yang berusaha menghindari cahaya matahari dengan alasan takut kulit menggelap. Ditambah lagi mereka pun kadang tak ingin berkeringat apalagi saat pagi hari.


Ditambah lagi dengan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari yang selalu berada di dalam ruangan atau gedung membuat kita cukup sulit untuk mendapatkan sinar matahari. Padahal, tubuh justru membutuhkan nutrisi dari sinar mentari di pagi hari tersebut.

Jarangnya terpapar cahaya matahari bisa mengundang banyak timbulnya penyakit ke dalam tubuh kita. Untuk itu, berikut kami informasikan beberapa manfaat tersembunyi dari betapa pentingnya cahaya matahari bagi tubuh. Diantaranya :

  • Meningkatkan imunitas


Hal ini telah terbukti, bahwa cahaya matahari memberikan vitmin D yang bagus untuk menstimulasi sistem imun tubuh. Dan bisa diibaratkan sebagai pembangkit listrik tenaga surya. Atau energi yang dibutuhkan tubuh agar tahan dari infeksi dan penyakit.

  • Mengurangi risiko penyakit


Menurut Larkin Hospital, vitamin D dari matahari bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Dari sebuah penelitian produksi hormon insulin ternyata memiliki koneksi yang kuat dengan vitamin D. Selain itu, cahaya matahari juga bisa mengurangi risiko kanker. Tidak sadar bukan?

  • Membuat mata sehat


Memiliki kebalikan dengan bayangan banyak orang, cahaya matahari tidaklah menyakiti mata kita. Justru vitamin D dari cahaya matahari bisa meningkatkan penglihatan dan penuaan mata. Semua itu bisa didapatkan asal kamu tidak terlalu lama menatap matahari.

  • Tulang yang lebih sehat


Memang benar jika Vitamin D sangat menyehatkan kulit. Namun tak banyak yang tahu bahwa cahaya matahari juga bisa membantu tubuh untuk lebih mudah dalam menyerap kalsium. Hal itu berujung pada kesehatan tulang yang lebih baik.

  • Meningkatkan kinerja otak


Ilmuan telah menemukan fakta bahwa vitamin D bisa menyehatkan otak. Penelitian tersebut dilakukan David Llewellyn dari University of Cambrigde yang menunjukkan jika mereka yang memiliki vitamin D rendah memiliki fungsi kofnitif yang rendah pula.

Selain itu, sangat baik pula untuk :
  • Menyembuhkan masalah penyakit kulit
  • Mengurangi berat badan
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Merendahkan tekanan darah
  • Dan manfaat baik lainnya.

Itulah sekilas artikel kali ini mengenai beberapa manfaat sinar matahari di pagi hari dari segi medisnya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal Tebtunya Anda pasti tahu kan dengan tanaman yang satu ini ? Tamanan kumis kucing, karena faktanya ...