Rabu, 08 Mei 2019

Cara Jitu Atasi Maag Saat Puasa

Cara Jitu Atasi Maag Saat Puasa

Maag saat puasa memang rasanya tak mengenakan dan sangat mengganggu, terlebih saat bulan Ramadhan. Rasa-rasanya bisa menjadi hal yang mengganggu dan menghalangi dalam beribadah.


Gejalanya yang sangat meresahkan seperti mual, kembung, nyeri perut, dada rasanya perih, panas di tenggorokan, dan merupakan berbagai hal yang bsia menjadi salah satu alasan untuk membatalkan puasa. Sehingga tak jarang para penderita mah sangat mengeluhkan kondisi ini.

Namun sebetulnya, sakit maag bukanlah penghalang besar dalam memaksimalkan ibadah selaa bulan suci Ramadhan berlangsung. Dengan catatan, penderita harus mengetahui tips dan cara aman untuk mencegah kekambuhannya saja saat berpuasa. Lantas apa saja tipsnya?

Cara Jitu Atasi Maag Saat Puasa

  • Usahakan sahur selalu
Umumnya kondisi maag saat puasa bisa dicegah dengan mengusahakan sahur setiap akan berbuka. Mungkin Anda pun bisa satu atau dua kali tidak sahur karena berbagai alasan.

Namun jangan pernah biasakan berpuasa tanpa sahur. Sebab bisa terus menerus begitu, bisa meningkatkan risiko mengalami maag saat puasa.

  • Pastikan berbuka tepat waktu
Kesibukan dalam bekerja atau kemacetan parah saat menuju pulang, terkadang bisa jadi alasan dalam menunda berbuka puasa. Berbuka puasa tepat waktu sangat penting dalam mencegah maag kambuh.

Hindari minuman berkafein saat berbuka, buatlah jadwal makan yang baru selama bulan puasa tersebut. Jika sebelumnya Anda makan 3 kali sehari cobalah ubah menjadi 4 sampai 5 kali dalam waktu berbuka hingga imsak namun dengan porsi masing-masing lebih sedikit.
  • Hindari segala makanan memicunya
Saat berbuka maupun sahur, sebaiknya Anda harus menghindari makanan yang bisa memicu maag kambuh saat puasa. Hindari makanan tinggi lemak atau makanan berlemak yang bisa meningkatkan peradangan pada selaput lambung.

Hindari makanan olahan dengan kandungan gula selain lemak trans, pasta, mie, makanan pedas, asam yang bisa mengiritasi selaput lambung dan memperparah gejalanya.

Itulah sekilas artikel kali ini mengenai beberapa langkah atau tips jitu mencegah maag kambuh saat puasa. Semoga bermanfaat.

Post By : Karikkarajo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal Tebtunya Anda pasti tahu kan dengan tanaman yang satu ini ? Tamanan kumis kucing, karena faktanya ...